Minggu, 07 April 2013

Mempersiapkan kemandirian sang kakak

#Mempersiapkan kemandirian Nadiya.#
Nadiya waktu berumur 14 bulan. Berhubung sebentar lagi akan menjadi seorang kakak, Nadiya harus lebih mandiri.

::Melatih membereskan mainan sendiri::
Menurut saya ketika anak sudah bisa memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain maka saat itu pula kita bisa melatih tanggung jawabnya untuk membereskan mainannya sendiri. 

::Pergi ke toilet::
Nadiya sudah belajar toilet training sejak umur 3 bulan lho bund, koq bisa? saya menerapkan waktu2 toilet training, ketika jam2 tertentu saya bawa dia ke kamar mandi dan men'taturnya' , (posisi anak didepan kita, tangan kanan kita menumpu paha dan yang kiri memegang dada dan posisi kita jongkok) alhasil sejak umur 7 bulan Nadiya jarang ngompol,kecuali sedang sakit. Atau ketika saya lupa membawanya untuk toilet training. Jadi ketika sudah lancar berjalan saya mengajarinya untuk menyampaikan keinginannya kalau ingin ke toilet.

::Makan sendiri::
ketika masa MPASI Nadiya sudah belajar maem sendiri lho, memegang sendok dan memasukkan makanan ke mulutnya sendiri. Jangan dibayangkan maemnya rapi ya! Yang jelas belepotan dan tercecer kemana-mana. Maka ketika Nadiya akan memiliki adik saya semakin intens mengajarinya makan sendiri.

bersambung ke pengalaman Nadiya yang lain ya...

5 komentar:

  1. semangat terus menulis nya yah :D

    BalasHapus
  2. halo Mak, salam kenal dari Bandung....
    Wah hebat Nadya umur segitu udah mandiri...

    BalasHapus
  3. @mak hana semangat.. semangat.. semangat
    @mak sari jeruk salam kenal jg makkk,, hihi... klo org2 bilang nadiya terpaksa mateng dluan hehe, mklum tak ada ART smua handle sendiri, jarak adik kakak lumayan dekat sooo... drpd hipertensi sang kakak dpaksa mandiri, biar emaknya ga terlalu rempong hehe

    BalasHapus
  4. hmmm... tantangan yang satu itu yang lagi kepikiran terus sama saya neh Mak "Toilet Training"... Anakku udah mau 2 tahun tapi belum di ajarin buat begitu... #khawatir

    BalasHapus
  5. mak karina... kalau anak umur 2 tahun lebih mudah, karena sudah bisa di ajak komunikasi. Intinya cuma ketelatenan mak, coba atur di jam2 tertentu bawa anak ke kamar mandi untuk toilet training, meskipun anak belum bisa mengutarakan keinginan #semangat ya makk

    BalasHapus